Laporan Kegiatan Idul Adha - BERMACAM-MACAM TOPIK BLOG

Kamis, 04 Oktober 2018

Laporan Kegiatan Idul Adha


DAFTAR ISI

Kata Pengantar
Daftar isi
           
BAB I Pendahuluan
a.     Latar Belakang………………………………………………………………1
b.     Dasar Hukum………………………………………………………………...2
c.      Maksud dan Tujuan………………………………………………………….3

BAB II Isi Laporan Penyembelihan Hewan Qurban
a.     Jenis Kegiatan……………………………………………………………….5
b.     Tempat dan Waktu Kegiatan………………………………………………..5
c.      Panitia Kegiatan……………………………………………………………..5
d.     Daftar Mudhori……………………………………………………………...7
e.      Jumlah Hewan Qurban……………………………………………………...7
f.       Tempat Pendistribusian Daging Qurban……………………………………7
g.     Hasil kegiatan……………………………………………………………….7
h.     Laporan keunagan…………………………………………………………..7
i.       Kesimpulan dan saran………………………………..................................8

BAB III Isi Laporan Kegiatan Lomba Sate.
a.     Jenis Kegiatan ………………………………………………………………9
b.     Tempat dan Waktu Kegiatan ………………………………………………..9
c.      Panitia Kegiatan …………………………………………………………….9
d.     Daftar peserta lomba ……………………………………………………....10
e.      Durasi lomba ……………………………………………………………....10
f.       Keriteria lomba …………………………………………………………….10
g.     Juri Penilaian ……………………………………………………………...10
h.     Hasil prlombaan  …………………………………………………………..11
i.       Hadiah yang diperoleh …………………………………………………….11
j.       Kesimpulan dan saran ……………………………………………………..11

BAB IV PENUTUP

Lampiran – lampiran



     

Kata Pengantar
Alhamdulillah  puji  dan  syukur  kita  panjatkan  kehadirat  Illahi  robbi  yang  telah  memberikan kemudahan dalam melaksanakan ibadah Qurban sehingga dalam pelaksanaan pemotongan hewan qurban dapat berjalan lancar sebagaimana mestinya, walaupun tentunya masih banyak kekurangan yang  akan  menjadi  bahan  evaluasi  untuk  melaksanakan  pemotongan  hewan  qurban  pada tahun berikutnya.
Untuk tertib administrasi dan sesuai dengan prinsip amanah, maka disusunlah laporan pertanggung jawaban ini kepada penganngung jawab atau panitia untuk membuat laporan. Selain itu juga untuk menambah rasa keimanan dan ketaqwaan kepada ALLAH SWT, serta untuk meningkatkan ukhuwah Islamiah melalui kegiatan penyembelihan hewan qurban dan juga memberikan pembekalan kepada para asatidz/ah dan santri di pondok pesantren modern darul mukhlisin.
          Terima kasih kami ucapkan kepada ust Dwi Saputro S.Pd.I selaku guru kami yang telah memberikan pembekalan pengetahuan tentang qurban kepada kami  dan  sekaligus juga arahan demi arahan yang diberikan  pada kami. Terima kasih juga kami haturkan  kepada semua panitia yang telah terlibat dalam kegiatan ini.
          Penulis menyadari laporan ini jauh dari kesempurnaan, namun penulis tetap berharap semoga laporan ini bermanfaat khususnya bagi penulis sendiri, umumnya untuk semua pembaca laporan ini.
          Alhamdulillah hirobbil a’lamiin
Wasalam

            Penulis





BAB 1
PENDAHULUAN
a.      Latar Belakang Kegiatan
Perayaan idul adha ditandai dengan penyembelihan hewan yang membawa pikiran, hati dan keimanan kita yang larut pada peristiwa puluhan abad yang lalu yaitu kisah tentang Nabi Ibrahim A.S dan putranya Ismail yang begitu sabar dan patuh pada perintah Allah Swt, yang sisahnya dituliskan dalam Qur’an surat Ash-Shaffat ayat 102-105 yang artinya “Maka ketika anak itu sampai (pada  umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku! Sesungguh nya aku bermimpi bahwa aku menyembelih-mu, maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!”. Dia Ismail menjawab, “Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang dipertahankan Allah ke pada mu, InsyaAllah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar”. Maka ketika keduanya telah berserah diri dan dia (Ibrahim) membaringkan anaknya di atas pelipisnya (Untuk melaksanakan perintah Allah”. Lalu kami pangil dia, “Wahai Ibahim !”. suguh engkau telah  membenarkan mimpi itu. Sungguh, demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yg berbuat baik”.
Peristiwa ini membawa kesan yang sangat mendalam bagi kita betapa tidak selama bertahun-tahun Nabi Ibrahim menunggu kehadiran sang buah hati ternyata di uji allah untuk menyembelih putranya sendiri, Ismail. Nabi Ibrahim dituntup untuk memilih perintah allah atau mempertahankan putranya dengan tidak mengindahkan perintah Allah. Sebuah pilihan yang dilematis, karena di dasarin dengan sebuah ketakwaan yang kuat kepada allah, perintah Allah pun di laksanakan, walau pada akhirnya Nabi Ismail tidak jadi di sembelih dengan digantikan dengan seekor domba.
Perintah Allah kepada Nabi Ibrahim untuk menyembelih anaknya di saat Nabi Ibrahim tengah bahagia dengan kehadiran putra kesayangannya, Ismail begitu mengandung pembelajaran penting bagi peningkatan kualitas seorang muslim.
b.      Dasar hukum penyembelihan hewan qurban

1.              Qur’an surat Ash-Shaffat ayat 102-105
فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ ٱلسَّعْىَ قَالَ يَٰبُنَىَّ إِنِّىٓ أَرَىٰ فِى ٱلْمَنَامِ أَنِّىٓ أَذْبَحُكَ فَٱنظُرْ مَاذَا تَرَىٰ ۚ قَالَ يَٰٓأَبَتِ ٱفْعَلْ مَا تُؤْمَرُ ۖ سَتَجِدُنِىٓ إِن شَآءَ ٱللَّهُ مِنَ ٱلصَّٰبِرِينَ(102) فَلَمَّآ أَسْلَمَا وَتَلَّهُۥ لِلْجَبِينِ(103) وَنَٰدَيْنَٰهُ أَن يَٰٓإِبْرَٰهِيمُ(104)
قَدْ صَدَّقْتَ ٱلرُّءْيَآ ۚ إِنَّا كَذَٰلِكَ نَجْزِى ٱلْمُحْسِنِينَ(105)
Artinya :“Maka ketika anak itu sampai (pada  umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, “Wahai anakku! Sesungguh nya aku bermimpi bahwa aku menyembelih-mu, maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu!”. Dia Ismail menjawab, “Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang dipertahankan Allah ke pada mu, InsyaAllah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar”. Maka ketika keduanya telah berserah diri dan dia (Ibrahim) membaringkan anaknya di atas pelipisnya (Untuk melaksanakan perintah Allah”. Lalu kami panggil dia, “Wahai Ibahim !”.sunguh engkau telah  membenarkan mimpi itu. Sungguh, demikianlah kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik”.

2.              Qur’an surat Al-Hajj ayat 4 yg artinya “dan tiap-tiap umat telah kami syariatkan pengembelihan (Qurban) , supaya mereka me-nyebut nama allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhan mu iyalah Tuhan yang maha Esa, Karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).

  
c.       Maksud dan tujuan kegiatan

1.      Meningkatkan Ketakwaan
Pengertian takwa terkait dengan ketaatan seorang hamba kepada  sang Kholik untuk menjalankan perintah-Nya. Tingkat ketakwaaan sesorang dapat di ukur dari kepedulian terhadap sesamanya. 
2.      Meningkatkan Kesabaran
Nabi Ibrahim dan Ismail adalah hasil dari sebuah pemahaman atas keyakinan dan keimanan yang mutlak kepada Allah, keyakinan dan keimanan bahwa sesungguhnya segala yg datang dari Allah adalah sebuah kebenaran. Hikmah yg bisa kita ambil dari kisah ini adalah bagaimana kita mampu memahami hakikat sabar itu, sabar bukan sekedar menahan marah,  menahan emosi tapi lebih dari itu sebuah kesadaran harus lah datang dari jiwa yang dipenuhi akan keyakinan dan keimanan atas kebenaran yang datang dari Allah.
3.      Meningkatkan Keikhlasan
Mencoba bercermin dari kisah Nabi Ibrahim dah Ismail sekedar mengambil pelajaran bahwa ketika Nabi Ibrahim mendapat perintah untuk menyembelih anaknya dan setelah melalui pengolakan batin yang luar biasa akhirnya beliau memantapkan hati untuk melaksanakan perintah tersebut  ikhlas yang dalam hal ini beliau menyadari bahwa allah yang telah memberinya anugerah keturunan yang sangat didambakannya dan allah pun yang akan mengambilnya kembali. Harta, kekuasaan, jabatan, hidup dan mati, keturunan dan segala anugerah kenikmatan yg kita rasakan pda hakikatnya adalah milik allah dan setiap saat atau kapanpun allah menghendaki maka dia berhak untuk mengambilnya kembali. Pada saat itulah kita diuji apakah kita sanggup merelakan apa yang menurut kita adalah milik kita sendiri untuk diambil kembali oleh pemiliknya yang hakiki.  


4.      Meningkatkan Syiar Agama
Berqurban adalah sebagian dari syiar agama islam, seperti yang dituliskan dalam Qur’an surat Al-Hajj ayat 4 yang artinya “dan tiap-tiap umat telah kami syariatkan pengembelihan (Qurban) , supaya mereka me-nyebut nama allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhan mu iyalah Tuhan yang maha Esa, Karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).
5.      Meningkatkan Solidaritas sosial dan ukhwah islamiah
Kita sering beranggapan bahwa apa yang kita raih adalah hasil jerih payah sendiri dan melupakan Allah yang Maha memiliki segala apa yang kita miliki saat ini. Dengan membagikan kepada kalangan tidak mampu merupakan salah satu bentuk kepedulian social seorang muslim kepada sesamanya yang tidak mampu. Selain menumbuhkan rasa solidaritas social, juga dapat merekatkan ukhuwah islamiyah antara tetangga, bahwasanya tidak ada perbedaan suku, ras atau pun agama. Di hari raya Idul Adha ini pula jalan pemer satu ummat, antara muslim dan non muslim itu bisa saling menghormati dan menghargai.

  

BAB II
ISI LAPORAN QURBAN
a.     Jenis kegiatan
Kegiatan Penyembelihan Qurban ini merupakan rangkaian tahunan setelah pelaksanaan Sholat Idul Adha dalam rangka memperingati hari Raya Idul Adha.

b.    Tempat dan Waktu Kegiatan
Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Qurban ini dilaksanakan di lapangan samping rumah hijau, setelah pelaksanaan Sholat Idul Adha, yaitu mulai jam 08.00 pagi , tanggal 10 DzulHijjah 1439 Hijriyah atau tanggal 21 Agustus 2018.

c.      Panitia kegiatan


Penanggung Jawab        : Al-Ustadz Dwi Saputro S.Pd.I

Ketua                             : Ust. Syahrul
Sekertais                        :Ustzh. Khoiriyah
Bendahara                     :Ustzh. Haritsa Nur Firdausi
Dokumentasi                 :Ustzh. Alivia
Ustzh. Khoiriyah
 Bag. Penyembelihan     :Ust. Syahrul
Ust. Aflah Gusman
Bag. Jeroan                    :Ust. Erwin
Sebagain santri putra
Bag. Cincang Daging     :Ust. Hudaebi S.H
Ust. Ahmad Saepuddin
Sebagian Santri Putra
Penimbangan dan Pengemasan  :Ust. Syahrul
Ust. Wahdan Mutaqin
Usth. Hermawati
:Usth. Sonia
:Usth. Haritsa Nur Firdausi
Bag. Distribusi               :Ust. Ahmad Saepuddin
:Ust. Aflah gusman
:Dibantu oleh sebagian Santri Putra
Bag. Konsumsi              :Usth. Nadyatul khoiroh
Usth. Muammira Idris
Usth. Erika Dzulfitri
Imam Sholat                  :Ust. Hudaebi S.H
Khutbah                         :Ust. Dwi saputro S.Pd.I
Bilal                               :Syarif Hidayatullah Sntriwan Kelas 3

 

d.    Daftar Mudhohi ( Orang yang berqurban)

No

NAMA

QURBAN
1.
M Pankar Umran
1 Ekor Kambing
2.
Pak Farid
2 Ekor Kambing
3.
Ust/utzh
1 Ekor Kambing
4
Keluarga Pak Muchlis Patahna
1 Ekor sapi
5
Meidyana Salsabila Putri Bin Arisnara Lintang Wasesa
1 Ekor Kambing
6
Bapak Dodi Rajasa
1 Ekor Kambing


e.      Jumlah Hewan Qurban
Banyaknya hewan Qurban adalah 1 ekor Sapi dan 6 ekor kambing/domba.

f.      Tempat pendistribusian daging Qurban
Penyembelihan dilakukan di samping rumah pimpinan Setelah hewan qurban disembelih, didistribusikan kepada warga masyarakat yang ada di Tenjo Laut Rt.02 dan 05 Rw.05  yang terdiri dari Janda,miskin pekerja sekitar 150  keluarga.

g.     Hasil Kegiatan
1.     Terpenuhnya salah satu kewajiban, yaitu melaksanakan penyembelihan hewan qurban bagi kaum yang mampu.
2.     Terciptanya ukhuwah Islamiyah.
3.     Terjalinnya silaturahmi antar sesama.
4.     Terwujudnya pembelajaran untuk hidup bersosial yang baik.

h.    Laporan keuangan
Pemasuka                       : Rp   8,113,5000
Pengeluaran                  : Rp.  6,670,5000
Saldo                             : Rp.   1,443,000

i.       Kesimpulan dan Saran
1.     Kesimpulan :
 Kegiatan Penyembelihan hewan Qurban  adalah kegiatan rutin tahunan yang sudah menjadi  tradisi, selain merupakan ibadah yang harus terus dijaga dan dilestarikan karena memiliki makna yang dalam yaitu bukan hanya meningkatkan hubungan Vertikal dengan Allah SWT, tetapi juga meningkatkan Ukhuwah, meningkatkan hubungan horizontal dengan sesama. Dan alhamdulilah tahun ini ada peningkatan Mudhori di Pondok Pesantren Modren Darul Mukhlisin, berarti adanya peningkatan kesejahtraan dan peningkatan ketaqwaan dan ketaatan kepada Allah SWT.
2.     Saran :
Kepada panitia yang akan datang diharapkan ada pemberitahuan tentang kegiatan qurban di Pondok Pesantren Modren Darul Mukhlisin serta ada laporan dari panitia penyembelihan hewan qurban terkait data qurban yang masuk sebelum pelaksanaan sholat idul adha, panitia  qurban  agar lebih teliti lagi dalam pencatatan hewan qurban yang masuk.


 
BAB III
ISI LAPORAN KEGIATAN LOMBA SATE

a.     Jenis kegiatan
Kegiatan Lomba sate bersama ini merupakan rangkaian acara  memperingati hari Raya Idul Adha.

b.    Tempat dan Waktu Kegiatan
Pelaksanaan Lomba sate bersama ini dilaksanakan di depan Masjid , setelah pelaksanaan Sholat Isya , yaitu mulai jam 20.00 – 22.00 malam, tanggal 10 DzulHijjah 1439 Hijriyah atau tanggal 22 Agustus  2018.

c.      Panitia kegiatan
Penanggung Jawab        :  Al-Ustadz Dwi Saputro S.Pd.I
Ketua                             : Ust. Syahrul
Sekertais                        :Utzh. Khoiriyah
Bendahara                     :Utzh. Haritsa Nur Firdausi
Dokumentasi                 :Utzh. Alivia
Pembawa Acara lomba :Ust. Erwin
Usth. Alivia
Dewan Juri Lomba         :Ust. Dwi saputro S.Pd.I
Ust.Ahmad Saepudin



d.    Daftar Peserta Lomba

No
Pembimbing
Kelas
Jumlah
1.
Ust. Hudaebi S.H
1b Putra
16 orang
2.
Ust. Syahrul
2b Putri
12 orang
3.
Ust. Wahdan Mutaqin
3b Putra
15 orang
4.
Ust. Aflah gusman
Gabungan putra
7 orang
5.
Ustzh Hermawati
1c putri
13 orang
6.
Ustzh Sonia
Gabungan putri
5 orang

e.      Durasi Lomba
1.     Kegiatan lomba ini berdurasi 1 jam
2.     Dalam satu jam selesai tidak selesai semua peserta agar berhenti dalam kegiatan menyate
3.     Perwakilan dari peserta agar mempersentasikan masakan tersebut.
4.     Dewan juri akan keliling untuk menilai hasil lomba

f.      Kriteria Lomba
1.  Rasa
2.  Penyajian
3.  Kostum
4.  Prsentas
g.     Juri Penilaian
1.  Al-Ustadz Dwi Saputro
2.  Al-Ustadz Ahmad Saepudin



h.    hasil Perlombaan

Juara
Skor Nilai
Kelas
Juara I
620
Kelas 1C
Juara II
590
Kelas 2B
Juara III
570
Kelas 3B





i.       Hadiah yang diperoleh
1. Juara I    :Piala dan hadiah sebesar Rp. 20.000.00 berbentuk snck dan minuman
2. Juara II   : Rp. 15.000.00 berbentuk snck dan minuman
3. JuaraIII   : Rp. 10.000.00 berbentuk snck dan minuman

j.       kesimpulan dan saran
1.     Kesimpulan
Memberikan kesempatan kepada para santri untuk berkompetisi dengan teman-temannya sendiri sebelum kelak mereka berkompetisi dengan sekolah-sekolah lain. Melalui lomba-lomba dalam dalam bidang memasak ini melatih rasa percaya diri para santri untuk mengikuti lomba-lomba yang lain dikemudian hari dan juga memberikan kesempatan kepada para santri untuk mengeksplorasi kemampuan dan bakatnya dalam bidang memasak
2.     Saran
Ada baiknya, kita sebagai seseorang pendidik yang menjadi contoh buat para santri bisa hadir semua dalam acara tersebut, karna dengan begutu para santri akan menilai bahwa kita sangat antusias juga dalam lomba ini, intinya kita sendiri dari panitia kurangnya kekompakkan jadi untuk keepannya agar diperbaiki lagi

                                                    BAB IV
PENUTUP
Laporan ini di buat untuk menjadikan bahan evaluasi dimasa yang akan datang serta menjadikan pedoman dan arsip untuk panitia kedepannya. Selain itu juga untuk menambah rasa keimanan dan ketakwaan kepada ALLAH Swt, serta untuk meningkatkan ukuwah islamiah melalui kegiatan penyembelihan hewan qurban dan juga memberikan pembekalan kepada para santri tentang cara hidup secara islami.
          Terima kasih kami ucapkan kepada yayasan yang telah mendukung serta hadir dalam acara tersebut, dan terima kasih kepada ust dan ustzh yang telah membantu dan mensukseskan acara ini.Terima kasih juga kami haturkan  kepada semua pihak yang membantu dalam kegiatan ini.
          Penulis menyadari laporan ini jauh dari kesempurnaan, namun penulis tetap berharap semoga laporan ini bermanfaat khususnya bagi penulis sendiri, umumnya untuk semua pembaca laporan ini.
          Alhamdulilah hirobbil a’lamiin.
Tenjolaut ,27 Agustus  2018
     Mengetahui,

Ketua  Panitia Qurban





(Ustadz.Syahrul Anwar)
Pimpinan Pondok Modern Darul Mukhlisin





(Ustadz.Dwi Saputro S.Pd.I

Menyetujuhi
Ketua Yayasan Darul Mukhlisin




(Diana M Patahna )

 
Comments


EmoticonEmoticon