Pengertian Memo,ciri-ciri,bagian,Fungsinya. - BERMACAM-MACAM TOPIK BLOG

Senin, 23 November 2020

Pengertian Memo,ciri-ciri,bagian,Fungsinya.

A.   Pengertian Memo

Memo yakni sesuatu tulisan pendek, jelas serta isi nya padat pastinya gampang dimengerti yang diperuntukan kepada seorang bersifatr informal umumnya penulisannya tidak lebih dari 10 “sepuluh” baris, penulisannya dapat diketik maupun dengan tulisan tangan yang terpenting mudah untuk dibaca oleh orang ynag dituju.

 B.   Struktur Memo

Struktur atau bagian bagian memo antara lain :

        1            Kepala Memo
Kepala memo terdiri atas kop memo (pada memo resmi), nama pengirim,nama penerima dan hal yang dimaksud.

        2            Badan Memo
Badan Memo terdiri atas isi memo. Isi terdiri dari penyampaian apa yang ingin disampaikan kepada pihak yang terkait.

        3            Kaki Memo
Kaki Memo terdiri atas tanda tangan dan nama jelas pembuat memo serta diberi tanda tagan untuk memastikan bahwa yang bertanda tangan adalah orang yang memberikan perintah.

 C.   Ciri-ciri Memo

         1            Mempunyai bagian surat yang lebih sederhana dari pada dengan surat resmi pada umumnya, terutama di bagian isi surat.

        2            Biasanya tidak mencantumkan identitas kantor, contohnya nama kantor, nomor telepon, faksimili, serta kode pos secara lengkap sebab peredarannya terbatas.

        3            Memo sebagai bentuk komunikasi yang berisi saran, arahan, atau penerangan mengenai sesuatu hal secara singkat, padat dan jelas. Biasanya akan dituliskan pada kertas kecil dan akan ditempelkan atau diletakkan pada tempat-tempat yang lebih gampang dilihat oleh orang yang dituju. Misalnya pada mading kantor dan lain sebagainya.

        4            Jika dibandingkan dengan surat resmi pada umumnya, memo mempunyai bab surat yang lebih sederhana, terutama pada bab isi surat alasannya memo mempunyai isi yang lebih singkat, padat dan jelas.

        5            Memo umumnya tidak mencantumkan identitas kantor, menyerupai nama kantor, nomor telepon, faksimili, dan kode pos secara lengkap alasannya peredarannya terbatas hanya pada orang-orang yang berada di dalam lingkup perusahaan, instansi atau forum saja.

 D.   Fungsi Memo

Memo memiliki fungsi untuk mengingatkan, menegaskan tentang suatu hal maupun urusan. Adapun isi yang terdapat dari sebuah memo antaralain berupa permintaan, instruksi, pemberitahuan, saran, pesan dan tugas-tugas tertentu.

E.   Jenis-jenis memo diantaranya seperti:

        1            Memo Bersifat Resmi
Memo bersifat resmi dipakai sebagai surat pernyataan dalam hubungan resmi dari seorang pimpinan kepada bawahannya.

        2            Memo Bersifat Pribadi ( Memo Tidak Resmi )
Memo bersifat pribadi digunakan dipakai sebagai nota atau surat pernyataan tidak resmi antar teman, saudara atau orang lain yang memiliki hubungan akrab.

F.    Manfaat mengunakan memo

                       1         Mudah untuk dilakukan dalam pembuatan

                       2         Pesan tidak terlalu banyak yang harus ditulis

                       3         Tidak membutuhkan biaya kalaupun ada tidak banyak

                       4         Hemat kertas

 

 

Comments


EmoticonEmoticon